Solusi Notebook Mati

Solusi Notebook Mati
Solusi Notebook Mati - Meskipun pada dasarnya arsitektur hardware notebook adalah 2x lebih buruk dari pada komputer, misalnya: harddisk komputer lebih tebal dengan ukuran 3.5 inch dan harddisk laptop hanya 2.5 inch saja. Namun bukan berarti notebook menjadi lebih cepat rusak jika dibandingkan dengan komputer, karena awet atau tidaknya tergantung pada perawatan dari user, apakah sesuai dengan prosedural dan penuh ke hati-hatian atau justru sebaliknya. 

Notebook juga punya nyawa dan suatu saat akan hilang (mati) jika terus di perlakukan layaknya mesin pemuar hasrat. Perlakuan notebook dengan baik adalah kunci agar notebook tetap awet, meskipun kerusakan memang tak bisa dihindari dan pasti akan terjadi, namun sebagai user yang cerdas hendaknya tau langkah antisipasi atau pencegahan sebelum timbul kerusakan. Bagaimana jika sudah terlanjur rusak atau mati, tindakan apa yang harus dilakukan?
Berikut ini beberapa problem yang sering terjadi pada notebook :
  1. Mati karena RAM (soddim) cukup sering terjadi, bisa karena goncangan keras, benturan dengan benda keras, socket RAM kotor karena debu atau RAM sudah tidak berfungsi dengan baik. Penanganannya, untuk testing apakah benar RAM bermasalah adalah dengan menekan tombol esc pada keyboard, jika terdengar bunyi beep dari speaker, maka bisa dipastikan RAM mengalami masalah. Buka chassing atau penutup RAM kemudian lepas dan bersihkan bagian pin (kuning) dengan menggunakan kain halus atau karet penghapus ujian nasional standart SNI. Pada bagian slot RAM, bersihkan dengan menggunakan kuas kecil, tidak dianjurkan untuk membersihkan dengan cara meniup karena nafas dari mulut mengandung air dan dapat menyebabkan korosi, bersihkan secara perlahan. Jika cara ini tidak mengatasi masalah, maka coba RAM lain yang masih berfungsi dengan baik.

  2. Mati karena harddisk biasanya karena pola pemakaian tidak sesuai standart atau bisa karena cacat produksi. Permasalahan ini ada 2 penanganan, kelas ringan dan berat:
    - kelas ringan : lepas harddisk kemudian pasang kembali, namun kasus undetect ini jarang sekali terjadi
    - kelas berat : tidak terdeteksi karena sudah rusak (bad sector, platter dan motor sudah aus hingga masalah I/O). Penanganannya hanya mengganti dengan yang baru, service harddisk tidak memberikan banyak perubahan. Lalu bagaimana dengan data? masih bisa diselamatkan, backup data dengan menjadikan harddisk slave pada komputer lain atau bisa menggunakan konektor, jika memang kerusakan tidak terlalu parah, namun jika sudah tidak terdeteksi, backup data hanya bisa dilakukan dengan menggunakan alat bantu repair harddisk yang biayanya tidak murah.

  3. Mati karena chipset VGA trouble bisa terjadi karena penggunaan notebook terlalu di forsir, membiarkan notebook tetap beraktifitas tanpa pendingin tambahan atau keperluan gaming, penyebab lain adalah pada cacat produksi. Permasalahan ini hanya bisa dikerjakan oleh teknisi berpengalaman karena tingkat kesulitan yang tinggi dan service bukan jaminan akan hilang penyakit VGA, kecuali menggantinya dengan yang motherboard baru.
    Indikator kerusakan :
    + tidak mau display, layar hitam
    + lampu capslock dan numlock berkedip terus menerus
    + tidak bisa di charge

  4. Mati karena fleksibel VGA dan inverter. Permasalahan ini biasa terjadi karena penggunaan terlalu kasar, terutama saat membuka LCD. Alangkah baiknya sebelum masuk ke meja tukang servuce, lakukan troubleshoot dengan melakukan tes ringan yaitu dengan cara menghubungkan notebook ke monitor atau proyektor dengan menggunakan kabel HDMI. Jika tidak ada tampilan, kerusakan bisa terjadi chipset VGA atau motherboard sudah lemah

  5. Mati karena Motherboard sudah tidak berfungsi dengan baik, lumrahnya notebook sanggup bertahan minimal 2 - 3 tahun, itupun dengan pemakaian yang tidak sesuai dengan prosedural. Kebanyakan kasus ini menimpa para gamer yang doyan game dengan kualitas high definition dan membutuhkan source besar. Penting untuk diketahui, notebook tidak direkomendasikan untuk aktifitas gaming, karena arsitekturnya yang minim, tidak seperti komputer yang notabene 2x lipat jauh lebih kuat.
    Problem ini hanya bisa diatasi dengan cara ganti motherboard baru, tarif mahal hampir setara dengan harga notebook baru. Hendaknya para pengguna notebook bisa sadar dan tidak memaksa notebook untuk memainkan game kelas berat. 
Sekian, semoga postingan mengenai Solusi Notebook Mati bisa bermanfaat untuk pembaca
Solusi Notebook Mati Solusi Notebook Mati Reviewed by Hury Canz on 2:58 AM Rating: 5
Powered by Blogger.