Pengalaman Memperbaiki Laptop Mati

Pengalaman Memperbaiki Laptop Mati - Mungkin lebih tepatnya adalah Menghidupkan Laptop Mati.
Pengalaman ini saya dapat ketika terdesak karena laptop compaq presario cq40-416 au milik saya tidak mau display. Awalnya laptop ini berjalan normal, terkadang tidak mau display karena RAMnya kendur dan ini sering terjadi, tapi pada beberapa kejadian membuat saya frustasi karena tidak tahu harus bagaimana lagi. Banyak tukang service yang tidak sanggup menangani dan solusi akhir adalah ganti board, padahal cuma chipset VGA saja yang trouble.

Laptop compaq presario cq40-416 au ini juga pernah masuk tempat service selama 1 bulan lebih dan hasilnya nihil. Tak lama kemudian, pasca laptop saya ambil, laptop kembali display, mungkin inilah anugrah dari Tuhan YME. Sampai sekarang (update posting) ini, laptop masih bisa digunakan, terkadang error muncul, tapi alhamdulillah tidak butuh waktu lama.

Nah, berikut ini akan saya bagi tips kepada pembaca atau teman yang mengalami hal sama, yaitu chipset VGA trouble.

Cara saya Memperbaiki / Menghidupkan Laptop Mati :
  1. Tekan tombol power laptop dengan keadaan laptop sedang charging
  2. Setelah Anda tekan tombol power, dalam 2 detik tekan tombol esc pada keyboard, jika terdengar bunyi tut dari speaker, maka itu menandakan RAM yang bermasalah, cukup bongkar chassing kemudian lepas RAM dan bersihkan pin RAM (warna kuning) dengan karet penghapus ujian nasional secara perlahan kemudian pasang dan pastikan slot RAM dalam keadaan bersih
  3. Jika tidak keluar suara tut dari speaker, bisa jadi kerusakan ada pada kabel fleksibel, chipset VGA trouble atau mainboard sudah disfungsi. Untuk pengetesan, coba sync laptop dengan monitor, apabila di monitor bisa tampil BIOS dan BOOT, maka fleksibel laptop bermasalah
  4. Langkah akhir jika laptop masih mati (not display) adalah dengan menggukan teknik ekstrem, yaitu dengan cara menghambat ventilasi udara (saluran pembuangan) laptop dengan menggunakan bantal atau sejenisnya. Tujuannya adalah untuk membuat seluruh suhu dalam mainboard menjadi hangat dan mendekati panas, dengan landasan berfikir: ketika suhu panas, maka semua komponen bisa dikatakan bekerja. Dan biasanya, ketika board error, lampu indikator charge tidak mau menyala, selain itu led capslock dan numlock nyala kedip-kedip. Pengalaman saya, saat awal menggunakan teknik ini bisa sampai 2-3 hari menyala dan terkadang tidak saya nyalakan selama satu minggu.
    *) saat kipas laptop berdesing karena saking panasnya, itulah tanda baik dari laptop, indikator ini tidak selama bekerja pada semua laptop.
Yah, itulah yang bisa saya share kepada Anda, semoga pengalaman berharga dari saya dalam tulisan Memperbaiki / Menghidupkan Laptop Mati ini bermanfaat untuk pembaca.
Pengalaman Memperbaiki Laptop Mati Pengalaman Memperbaiki Laptop Mati Reviewed by Unknown on 1:13 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.