Menghilangkan Bau Mulut degan Siwak

Menghilangkan Bau Mulut dengan Siwak merupakan anjuran dari nabi kita Muhammad SAW. Bersiwak sendiri merupakan pekerjaan yang ringan dan bisa dikerjakan kapan saja dan dimana saja, namun memiliki banyak faedah (kebaikan), baik bersifat keduniaan maupun bersifat akhirat. Faedah Keduniaannya adalah berupa kebersihan mulut, sehat, gigi menjadi putih, menghilangkan bau mulut, dan lain-lain. Sedangkan faedah Ke-akhirat-an adalah Ittiba’ kepada Nabi Muhammad SAW. Sedangkan hukum bersiwak sendiri adalah sunnah muakkadah karena anjuran rasulullah.

Anjuran diatas dikuatkan dengan beberapa dalil yang disampaikan oleh para sahabat nabi dan ulama terdahulu. Berikut ini beberapa dalilnya :
  1. Dari Ali bin Abi Thalib, Rasulallah bersabda, "Sesungguhnya seorang hamba bila bersiwak lalu berdiri mengerjakan shalat, maka berdirilah seorang malaikat dibelakangnya lalu mendengarkan bacaannya dengan seksama kemudian dia mendekatinya (atau beliau mengucapkan kalimat seperti itu) hingga malaikat itu meletakkan mulutnya diatas mulut orang yang membaca al-Qur'an, maka tidaklah keluar dari mulutnya bacaan al-Qur'an itu melainkan langsung ke perut malaikat, oleh sebab itu bersihkanlah mulut-mulut kalian untuk membaca al-Qur'an. Dikeluarkan oleh Abdullah bin al-Mubarak dalam kitabnya az-Zuhd no. 1211, al-Mundziri dalam at-Targhiib dan at-Tarhiib dan al-Albani berkata: Hasan shahih (Shahih at-Tarhiib no. 215).
  2. "Siwak merupakan kebersihan bagi mulut dan keridhoan bagi Rob". (HR: Ahmad, irwaul golil no 66 [shohih]).
  3. “Kalau bukan karena akan memberatkan umatku maka akan kuperintahkan mereka untuk bersiwak setiap akan wudlu”. (HR: Bukhori dan Muslim, irwaul golil no 70)
  4. “Kalau bukan karena akan memberatkan umatku maka akan kuperintahkan mereka untuk bersiwak setiap akan salat”. (HR: Bukhori dan Muslim, irwaul golil no 70)
  5. ”Aku bertanya kepada ‘Aisyah: “Apa yang dilakukan pertama kali oleh Rasulullah jika dia memasuki rumahnya?” Beliau menjawab :”Bersiwak”. (HR: Muslim, irwaul golil no 72)
  6. Dari Abu Musa Al-Asy’ari berkata, yang artinya: "Aku mendatangi Nabi Shallallâhu ‘alaihi wasallam dan dia sedang bersiwak dengan siwak yang basah. Dan ujung siwak pada lidahnya dan dia sambil berkata “Uh-uh”. Dan siwak berada pada mulutnya seakan-akan beliau muntah". (HR: Bukhori dan Muslim)
  7. ‘Dari Aisyah berkata, yang artinya: "Aku melihat Rasululloh memandang siwak tersebut, maka akupun tahu bahwa beliau menyukainya, lalu aku berkata: ‘Aku ambilkan siwak tersebut untuk engkau?” Maka Rasulullah mengisyaratkan dengan kepalanya (mengangguk-pent) yaitu tanda setuju." (HR: Bukhori dan Muslim). (sumber : wikipedia)
Tumbuhan yang mempunyai nama latin Salvadora persica ini biasa digunakan Nabi Muhammad SAW untuk membersihkan gigi dan menghilangkan bau mulut.
Siwak berasal dari bahasa arab ‘yudlik’ yang artinya adalah memijat (massage). Batang kayu siwak yang bisa dilembutkan, sehingga bisa menyerupai bentuk bulu untuk membersihkan gigi, lebih dari sekedar sikat gigi biasa, karena memiliki serat batang yang elastis dan tidak merusak gigi walaupun di bawah tekanan yang keras, siwak juga memiliki kandungan alami antimikrobial dan antidecay system.

Menghilangkan Bau Mulut degan Siwak

Batang siwak yang berdiameter kecil, memiliki kemampuan fleksibilitas yang tinggi untuk menekuk ke daerah mulut secara tepat dan dapat mengikis plak pada gigi. Siwak juga aman dan sehat bagi perkembangan gusi.
Siwak adalah alat pembersih gigi yang memiliki keunggulan karena terbukti mengandung mineral-mineral alami yang dapat membunuh bakteri, menghilangkan plaque, mencegah gigi berlubang serta memelihara gusi. Siwak juga berfungsi mengikis dan membersihkan bagian dalam mulut, terutama Menghilangkan Bau Mulut.

sumber
1. http://www.voa-islam.com/news/sehat-nabawi/2012/03/31/17325/khasiat-si-kayu-ajaib-bernama-siwak/
2. http://id.wikipedia.org/wiki/Siwak
Menghilangkan Bau Mulut degan Siwak Menghilangkan Bau Mulut degan Siwak Reviewed by Unknown on 10:10 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.