Sehat Alami dengan Produk Indonesia

Sehat Alami dengan Produk Indonesia
Sehat Alami dengan Produk Indonesia - Kesehatan merupakan nikmat paling luar biasa dan tidak ternilai harganya, baik harta atau barang mewah sekalipun. Nikmat dari Tuhan yang tiada duanya ini seringkali dilupakan, tidak di syukuri sebagaimana rasa syukur ketika mendapat rezeki harta, bahkan peduli akan manfaat dari anugrah terbesar tapi tak bisa dilihat, hanya bisa dirasakan.
Kesehatan dikatakan sebagai harta paling berharga dalam hidup bukan hanya teori atau opini saja, melainkan juga ditunjang oleh fakta yang membuktikan bahwa tanpa kesehatan kita tidak dapat menikmati hidup, keberlimpahan materi hanya sia-sia karena tidak dapat menikmatinya secara utuh dan harta pada hakikatnya tidak dapat membeli kesehatan jasmani. Berangkat dari masalah tersebut, maka perlu adanya perhatian khusus dan standart disiplin terhadap kesadaran untuk menjaga kesehatan tubuh agar tetap pada kondisi prima, sehingga dapat melakukan kegiatan secara normal. Kesadaran akan pentingnya kesehatan harus dibangun sejak dini, supaya ketika masa senja atau tua nanti, bisa menikmati masa bahagia.

Berikut ini beberapa hal yang penting untuk diperhatikan dalam rangka mencapai pola hidup sehat :

  1. Hidup sehat dengan memperhatikan pola atau kandungan konsumsi makanan, sebaiknya memenuhi standar kesehatan, memenuhi kebutuhan inti dari tubuh dan menghindari makanan yang tidak sehat (berlemak, mengandung pengawet, tidak bergizi) serta instan (junk food). Sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna, yaitu : makanan pokok, lauk pauk, buah, sayur dan susu. Tak kalah penting, jadikan air putih sebagai minuman favorit yang wajib di konsumsi
  2. Hidup sehat dengan olahraga, olahraga adalah kegiatan positif dan sangat berguna untuk kesehatan jasmani dan rohani, akan tetapi banyak yang mengabaikannya. Olahraga teratur memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti akan lebih giat dan disiplin, menurunkan tekanan darah tinggi, tulang menjadi kuat, meningkatkan sistem imun, mengurangi stress dan depresi, dan juga memberikan kebugaran. Olahraga tidak hanya berguna untuk menjaga kesehatan tubuh saja, tetapi juga penting untuk otak. Aktifitas olahraga membuat otot bergerak dan merangsang pertumbuhan sel serta memperlancar aliran hormon dalam tubuh
  3. Keseimbangan hidup datang dari istirahat cukup, tidak kekurangan dan tidak berlebihan. Istirahat (tidur) adalah aktifitas merelaksasikan tubuh, otot, otak dan organ tubuh lain, dengan istirahat stamina tubuh akan kembali pulih. Manfaat yang tersimpan dari tidur adalah terhindar dari jerawat, terhindar dari gula darah (diabetes) dan lain sebagainya
  4. Memelihara kondisi alam (lingkungan sekitar) juga termasuk usaha menciptakan suasana kondusif dalam memelihara kesehatan tubuh. Wujud pemeliharaannya sangat variatif ; bisa dengan merawat pohon untuk sterilisasi udara, membersihkan selokan, debu dan sarang laba-laba yang bisa mencemari udara dan mengganggu pernafasan
  5. Memanfaatkan kekayaan sumber daya alam yang dianugerahkan Tuhan dengan sebaik-baiknya. Tanaman obat bernilai ekonomis, mudah didapat, ramah lingkungan, beberapa jenis bisa diolah secara mandiri, namun sepertinya tidak terlalu digemari oleh masyarakat yang notabene lebih memilih untuk berobat ke dokter. Padahal jika mau memanfaatkannya dengan bijak akan menjadi sebuah peluang usaha. Jadi selain mendapat keuntungan hidup sehat juga mendapatkan penghasilan dari usaha kreatif.
Masyarakat Indonesia mengenal obat kesehatan dengan nama akrab "jamu". Jamu adalah sebutan untuk obat tradisional dari Indonesia. Sekarang lebih populer dengan sebutan herbal.
Obat yang diracik dari bahan-bahan alami dan memberi rasa pahit di lidah terdiri dari beberapa bagian dari tumbuhan seperti; akar-akaran, daun-daunan, kulit batang dan buah. Ada juga menggunakan bahan dari tubuh hewan, seperti empedu kambing atau tangkur buaya. Produknya bisa dinikmati secara rutin, berupa jamu bubuk atau pil dan kapsul hasil produksi industri jamu, dengan khasiat berbeda-beda.

Obat herbal khas Indonesia yang diolah secara tradisional memang masih kalah populer dengan obat-obatan modern. Meskipun diolah secara tradisional, obat jamu tidak serta merta aman untuk di konsumsi, karena jamu pada saat ini sudah banyak dimanipulasi dan dibumbui bahan pengawet. Semula tujuan awal ingin memiliki tubuh sehat secara alami, namun dampaknya justru berbanding terbalik. Konsumen hendaknya lebih waspada dalam mengkonsumsi produk jamu ini.
Sehat Alami dengan Produk Indonesia Sehat Alami dengan Produk Indonesia Reviewed by Unknown on 4:26 AM Rating: 5

1 comment:

Powered by Blogger.