Ini Dia Cara Optimasi SEO On Page Yang Benar

Berbicara seo memang tidak ada habisnya, tapi menurut saya mengasyikkan juga sih karena seo memang penuh misteri walaupun bisa dimengerti. Nah kali ini ada tips menarik dari pakar seo yaitu tentang bagaimana optimasi seo on page yang baik dan benar.


Apa sobat sudah pernah menerapkan teknik seo on page yang benar? Bagi blogger pemalas seperti saya ini memang hanya bisa mengandalkan optimasi seo on page karena malas juga kalau mencari backlink sebagai pilar optimasi seo off page.


Sebenarnya ada banyak faktor dari seo on page itu sendiri seperti optimasi tag heading, anchor text, meta tags, font size, keyword di awal paragraf, dll. Di postingan kali ini yang lebih ditekankan adalah optimasi seo on page pada kewyord density (kepadatan keyword). Sebelumnya saya sudah pernah menulis tentang optimasi keyword density, tapi ada beberapa poin tambahan lagi yang belum tersampaikan dan akan diulas di postingan kali ini.


Jika dilihat dari judulnya (

optimasi seo on page yang benar

), bukan berarti tips atau cara optimasi seo on page lainnya salah. Di sini saya juga bukanlah master chef seo, artikel ini saya dapat dari forum dan penulis di forum tersebut mendapatkannya dari forum seo lainnya. Judul tersebut sengaja dibuat seperti itu supaya bisa menarik minat pengunjung saja (baca : 8 Tips Membuat Judul Yang Menarik).




Optimasi SEO On Page Yang Baik Dan Benar

Tips Optimasi SEO On Page Yang Baik Dan Benar


Silahkan sobat amati gambar di atas (klik untuk memperbesar), itu adalah contoh bagaimana pengoptimalan seo on page, khususnya keyword density, dengan baik dan benar.


Keyword (kata kunci) yang ingin dioptimasi dari contoh di atas adalah "chocolate donuts" yang merupakan salah satu produk dari sebuah toko online bernama "Mary's Bakery". Ya sudah langsung saja kita bedah rame-rame :D



  1. Optimasi SEO On Page Pada URL.
    Menurut para pakar seo, url yang pendek lebih baik daripada url yang panjang, dalam kasus ini sebaiknya kita langsung menuliskan keyword (kata kunci) yang dijadikan url setelah nama domain.
    Ya bagi yang masih numpang di gratisan seperti Blog Gedek ini sih agak susah juga menerapkannya :D supaya lebih jelas perhatikan contoh berikut ini hxxp://blogedek.com/optimasi-seo-on-page lebih baik daripada hxxp://blogedek.com/folder/sub-folder/optimasi-seo-on-page. Paham kan sob maksudnya? Oke lanjut...

  2. Optimasi SEO On Page Pada Domain.
    Untuk domain, jika memang kita gunakan sebagai keyword maka disarankan tanpa menggunakan tanda pemisah seperti "-". Misal kata kunci yang ingin dioptimasi adalah "menghilangkan bekas jerawat" maka akan lebih baik membuat domain "hxxp://menghilangkanbekasjerawat.com" daripada "hxxp://menghilangkan-bekas-jerawat.com".

  3. Optimasi SEO On Page Pada Judul Halaman (Page Title).

    Pada contoh di atas, yang dioptimasi adalah halaman artikel, yaitu halaman yang membahas "chocolate donuts", bukan halaman utama (homepage) yaitu "Mary's Bakery" sehingga judul halaman (page title) pun menjadi "Judul Artikel | Judul Blog".

  4. Optimasi SEO On Page Dengan Meta Description.

    Meta description yang baik adalah berbeda-beda pada setiap artikel karena masing-masing artikel memilik topik sendiri. Silahkan baca membuat meta tags dinamis untuk membuat meta tag yang berubah sesuai judul posting.
    Akan tetapi sekarang blogger juga mempunyai fitur baru yaitu setting meta description pada masing-masing artikel, terserah sobat sih, mau menggunakan meta tag dinamis atau manual satu per satu.

  5. Optimasi SEO On Page Dengan Satu Tag Heading 1.

    Seperti disebutkan di postingan sebelumnya tentang optimasi tag heading, sangat disarankan menggunakan satu H1 saja dalam satu halaman blog dan H1 tersebut adalah judul artikel, bukan judul blog.

  6. Optimasi SEO On Page Pada Gambar.
    Sebenarnya saya sudah pernah menulis tentang optimasi gambar, tapi tidak masalah juga kalau dimasukkan di sini supaya optimasi seo on page sobat nanti benar-benar ajib, lagi pula masih ada 1 pertanyaan yang saya sendiri masih bingung :D
    Jika melihat contoh di atas dengan keyword "chocolate donuts" maka disarankan menyiapkan gambar dengan nama file "chocolate-donuts.jpg" dan tentunya disertai atribut "title" dan "alt". Yang jadi pertanyaan (mungkin sobat bisa menjawab) apa perbedaan pengunaaan nama file "chocolate donuts.jpg" dan "chocolate-donuts.jpg"? Komen ya kalau bisa membantu menjawab :D

  7. Optimasi SEO On Page Pada Arikel.
    Kalau yang ini sih sepertinya setiap orang memiliki gaya tersendiri. Yang jelas usahakan keyword density (kepadatan keyword) tidak kurang dari 3%. Selain itu, yang tidak kalah penting adalah meyebarkan keyword tersebut dengan alami sehingga tetap enak dibaca pengunjung.


Selama kita melakukan optimasi seo on page dan seo off page dengan cara yang benar (white hat) maka blog kita pun akan aman dari hal-hal yang bisa mempengaruhi SERP seperti google sandbox, atau yang lebih parah bisa juga terkena google banned.




Itulah tips atau cara optimasi seo on page yang benar yang saya dapatkan dari forum, jika ingin melihat artikel aslinya silahkan ke sini hxxp://www.seomoz.org/blog/perfecting-keyword-targeting-on-page-optimization.



Semoga bermanfaat :)
Ini Dia Cara Optimasi SEO On Page Yang Benar Ini Dia Cara Optimasi SEO On Page Yang Benar Reviewed by Hury Canz on 10:20 PM Rating: 5
Powered by Blogger.