Berkenalan Dengan Teknik SEO Link Baiting

Link baiting (linkbaiting) itu makanan apa sih? Bagi blogger pemula seperti saya ini mungkin masih asing ya dengan istilah link baiting, apalagi jika dikaitkan dengan seo. Yup, setelah posting tentang cara berhenti merokok di postingan sebelumnya, kali ini saya ingin nulis tentang teknik seo lagi, khususnya teknik seo link baiting.

Bingung nih mulainya :D maklum lah nulis juga masih belepotan gini, topik teknik seo link baiting ini juga termasuk topik yang ambigu, ya karena menurut saya sih masih banyak definisi dari teknik seo link baiting yang kurang tepat (atau mungkin juga saya yg kurang tepat).




Linkbaiting



Apa Yang Dimaksud Dengan Teknik SEO Link Baiting (Linkbaiting)?



Jika sobat melakukan pencarian di google, khususnya google.co.id pasti akan menemukan banyak referensi tentang

link baiting

ini. Tapi sayangnya, kebanyakan referensi yang ditulis masih susah dimengerti, khususnya bagi newbie yang imut dan lucu seperti saya ini (protes keplak).

Sesuai namanya, bait atau baiting artinya umpan atau memancing, bukan memancing ikan apalagi memancing keributan lho sob, ini memancing link. Maksudnya adalah bagaimana membuat link atau backlink dengan cuma-cuma




Teknik SEO Link Baiting adalah salah satu teknik SEO advanced yang membuat orang atau blog lain memasang link ke blog kita dengan sukarela, bukan karena permintaan kita.


Itulah mengapa teknik ini dikatakan sebagai teknik advanced, sama seperti link wheel. Teknik seo link baiting ini membutuhkan kesabaran dan memang cukup susah untuk membuat orang lain memasang link ke blog kita dengan sukarela sehingga akan tercipta one way backlink.



Teknik SEO Link Baiting - Black Hat



Well, inilah yang saya maksud mengapa banyak referensi lokal yg bias atau membingungkan tentang link baiting. Banyak yang beranggapan bahwa

teknik link baiting

termasuk black hat, padahal tidak semua yang black itu hat, dan tidak semua hat itu black. Dengan kata lain, tergantung dari niatnya :D

Bingung? Sama sob, supaya lebih mudah kita buat contoh ajah bagaimana penerapan link baiting yang dianggap black hat. Misal sobat punya toko online, nah karena ingin laris manis akhirnya sobat menambahkan halaman about di toko online tersebut.



Pada halaman about ini sobat menyatakan sebagai orang yang cacat dan tidak bisa kemana-mana, hanya bisa kerja di depan komputer. Karena pengunjung membaca ini akhirnya mereka pun merasa iba, dan yup, sobat sukses memberikan umpan (memancing) karena akhirnya si pengunjung ini memberikan link ke toko online kita secara cuma-cuma di sidebar blognya.



Berdasarkan kasus di atas, maka teknik link baiting ini bisa menjadi teknik black hat karena menipu pengunjung, dan naudzubillah, semoga kita tidak cacat :) ambil nafas bentar, ucapkan Alhamdulillah :)



White Hat Link Baiting Techinque



Lalu bagaimana dengan si topi miring putih? Kebalikan dari yang sebelumnya, link baiting di jalur ini bisa berjalan dengan sukses karena kualitas dari pelaku seo tersebut yang memang benar-benar bisa memberi manfaat bagi orang lain.

Saya yakin, ketika sobat blogwalking pasti sobat pernah menemukan beberapa blog yang isi tulisannya khas, original, dan sangat membantu sobat untuk memecahkan masalah yang ada, akhirnya sobat sering balik deh ke blog itu. Lama-lama akhirnya sobat memasang link tersebut di daftar link teman atau blogroll.



Menurut saya, kebanyakan cara atau model link baiting ini dilakukan dengan tidak sadar. Artinya si penulis hanya berusaha menulis dengan baik dan tidak ada niatan melakukan link baiting. Dan ternyata apresiasi yang di dapat dari pembacanya sungguh luar biasa sehingga banyak yang memasang link ke blog tersebut sebagai referensi atau sekadar link teman. Banyak kok contohnya, seperti blognya kang rohman, kang yudiono, mas medy, mas azmi, dll.



Cara Lain Melakukan Link Baiting



Ada banyak cara sebenarnya, tapi intinya adalah buatlah sesuatu yang bermanfaat. Mau tahu? Contohnya template, banyak kan link di footer yang mengarah ke pembuat templatenya? Ada lagi contoh yang lebih heboh, yaitu widget alexa. Kenapa? karena alexa bermanfaat untuk mengetahui traffic blog sobat dan tanpa disuruh pun kita akan menaruh link yang mengarah ke tante alexa.

Contoh lainnya dari teknik link baiting ini adalah widget histats. Dengan memasang widget tersebut kita kan secara sukarela ngelink histats, ya karena histats membuat sesuatu yang bermanfaat yaitu widget untuk mengetahui jumlah pengunjung, pageview, source traffic, dll.



Link Baiting Ala Blogger Pemula Dan Blogger Kere



Tentu saja susah untuk menjadi seperti tante alexa, mau buat template juga kagak mudeng. Lah taunya cuman uang gambar bung karno kok wkwkwkwk :D

Jika memang ingin melakukan link baiting ikuti cara saya ajah, apa itu? Ya menulislah sesuatu yang bermanfaat, original, menyertakan sumber, memahami pembaca. In other words, tulislah konten atau artikel yang berkualitas (outstanding content).



Bukannya menggurui sob, lah saya ajah nulis juga belepotan gini :D sekadar berbagi informasi saja siapa tahu ada yang sukarela memasang link ke blog saya upss... aku ketahuan deh :D



Oke deh, itu tadi tentang link baiting, ga usah dipikirin sob. Daripada mikir SEO dan akhirnya terSEOk-SEOk, mendingan nulis ajah deh. Happy blogging :)

Berkenalan Dengan Teknik SEO Link Baiting Berkenalan Dengan Teknik SEO Link Baiting Reviewed by Hury Canz on 1:55 PM Rating: 5
Powered by Blogger.