Optimasi Windows dengan Virtual Memory

Optimasi Windows dengan Virtual Memory - Langkah optimasi windows selain dengan melakukan tweaking registry adalah dengan meningkatkan pagefile dan swapfile, dalam arti lain memanfaatkan virtual memory yang merupakan fitur bawaan dari windows. Lalu apa dan bagaimana pagefile dan swapfile itu berjalan?

APA?

Adalah sebuah virtual memory yang tersimpan dalam harddisk yang berfungsi untuk meningkatkan kinerja sistem dalam akses data, namun efektifitas kinerjanya hanya berada pada kisaran 3% saja, pagefile atau swapfile ini jauh lebih lambat jika dibandingkan dengan memory fisik (RAM) yang secara fungsional, keduanya juga berbeda.

pagefile atau swapfile bisa diubah sesuai dengan selera, namun hal ini memakan space harddisk, jadi jika space harddisk Anda terbatas, sangat tidak dianjurkan untuk menggunakan fitur ini. Jika spesifikasi PC atau laptop Anda sudah sangat cukup, maka tak perlu menggunakan pagefile atau swapfile untuk tambahan memory.

Apakah computer memang memerlukan Pagefile, sebaiknya tidak melihat hardware computer. Pagefile lebih banyak berhubungan dengan kebutuhan aplikasi pada computer. Beberapa aplikasi memerlukan fitur Pagefile. Pagefile masih diperlukan sebagai backup memory OS Windows ketika kebutuhan memory mencapai puncak.

BAGAIMANA?

Cara membuat atau menambah virtual memory atau page file atau swapfile adalah sebagai berikut :

Optimasi Windows dengan Virtual Memory
1. Buka explorer kemudian pilih properties atau bisa juga dengan menekan tombol logo windows + pause break
2. Kemudian pilih advanced system setting
3. Klik tab advance
4. Klik setting
5. Klik tab advance
6. Klik change
7. Uncheck pada opsi authomatically manage
8. Pilih partisi yang masih menyisakan banyak size
9. Kemudian pilih system manage size, biarkan system yang mengkonfigurasikannya sesuai dengan kebutuhan
10. Klik apply - ok



Apakah kita harus merubah Pagefile lebih besar dari ukuran yang ditentukan, misalnya 2X, 3X atau 4X dari jumlah memory. Jawabannya tidak perlu, biarkan Windows mengatur kebutuhan Pagefile sesuai ukuran memory pada computer.

Sekian ulasan dari saya mengenai Optimasi Windows dengan Virtual Memory
Optimasi Windows dengan Virtual Memory Optimasi Windows dengan Virtual Memory Reviewed by Hury Canz on 5:18 AM Rating: 5
Powered by Blogger.