Cara Redirect Broken Link Dengan Fitur Blogger Terbaru (SEO On Page)

Di postingan sebelumnya tentang menghapus broken link di google webmaster sudah dijelaskan bahwa terkadang memang ketidak sengajaan kita ketika menulis atau membuat suatu artikel dan kemudian menghapusnya bisa menyebabkan terjadi broken link karena sudah terlanjur terekam oleh crawler google.



Pengalaman saya, walaupun sudah melakukan pengahpusan link di webmaster google terkadang broken link ini muncul lagi, apa sobat juga mengalamai hal seperti itu?




Broken Link



Kalau untuk wordpress yg menggunakan self domain broken link ini bisa diatasi dengan menggunakan teknik redirect link begitu juga blogspot yang sudah menggunakan domain sendiri juga bisa mencegah broken link tersebut dengan menggunakan redirect link, tapi kalau masih gratisan mungkin belum bnyak yg tau bagaimana caranya.


Broken link ini sangat berpengaruh, jika terlalu banyak broken link yg terdeteksi di google web master bisa berpengaruh terhadap kualitas blog kita di mata google karena dianggap web atau blog spam.


Fitur Baru Blogger / Blogspot



Setelah googling karena penasaran akhirnya saya menemukan cara yg cukup jitu untuk mengatasi broken link ini. Oia sebelum mencoba, tips ini berlaku ditampilan dasbor blogger yang baru, jadi sebaiknya sobat ubah dulu tampilannya ke antar muka baru.



Saya juga tidak terbiasa dengan tampilan baru karena memang terbiasa dengan tampilan lama blogger, nanti setelah kita atur untuk


mengatasi broken link

ini sobat bisa kembalikan ke tampilan lama jika merasa kurang sreg dengan tampila baru.



Sebenarnya fitur baru ini tidak hanya menyangkut broken link, tetapi satu paket yang di kemas dalam fitur baru blogger yaitu Search Engine Preferences (pengaturan tentang bagaimana blog kita di mata search engine, CMIIW).



Banyak yang bisa dilkakukan dengan fitur baru ini seperti mengatur meta tag, deskripsi, robots.txt, dan juga broken link. Kalau sobat sudah menggunakan meta deskripsi yg diatur manual ada baiknya sobat menghapusnya karena dikhawatirkan terjadi dobel deskripsi, saya sendiri belum nyoba sih, baru nyoba fitur untuk broken linknya :p




Cara Mencegah / Mengatasi Broken Link Blogger (Blogspot) Dengan Auto Redirect Link



Untuk fitur2 yang lain silahkan sobat coba sendiri, kita fokuskan saja ke permasalahan broken link ini, ada dua pengaturan, yang pertama pengaturan pesan ketika berada di halaman yang tidak ada (halaman broken link) dan yang kedua adalah pengaturan redirect linknya.



Untuk redirect link, walaupun masih manual (masih belum bisa otomatis setiap ada broken link maka akan di redirect ke homepage misalnya gitu) ternyata juga bisa kita buat dengan sedikit trik. Manual disini berati kita juga harus memasukkan satu2 link yang terdeteksi sebagai broken link. Pembahasan auto redirect broken link akan dijelaskan dibawah nanti



Karena masih manual, maka saya pun hanya melakukan atau mengaktifkan pesan ketik ditemukan broken link. Jika sobat tertarik langkah-langkahnya seperti ini (pastikan bahwa sobat sudah berada di tampilan baru):


  1. Masuk ke blogger.com/home.

  2. Pilih blog yang ingin di setting.

  3. Kemudian pilih Setelan > Prefensi Penelusuran.

  4. Nah itulah fitur baru dari blogger, ada pengaturan Meta Tag, Galat dan Pengalihan, serta Perayap dan Pengindeksan.

  5. Untuk mengaktifkan pesan di halaman broken link silahkan sobat pilih Pesan Ubahsesuaian Untuk Halaman Yang Tidak Ditemukan dan masukkan pesan yg ingin sobat sampaikan kemudian save.
    Sebagai contoh silahkan sobat klik di link ini http://blogedek.blogspot.com/test.

  6. Selesai deh, sekarang sobat bisa mengemablikan ke tampilan lama atau melakukan pengaturan lainnya.





Update : Ternyata setelah saya coba di blog yang belum di set message errornya sebenarnya blogger/blogspot sendiri sudah mengaktifkan fitur tersebut (menampilkan pesan di halaman broken link).



Untuk mengaktifkan redirect secara otomatis, sobat bisa menggunakan trik redirect link dengan javascript seperti script anti iframe, caranya adalah ganti pesan yang sudah kita set tadi dengan kode berikut
<script type="text/JavaScript">
location.replace('http://blogedek.blogspot.com/');
</script>

Ganti alamat blog nya sesuai blog sobat (dalam kasus ini kita melakukan redirect ke Homepage). Selamat mencoba fitur baru ini dan semoga dengan melakukan pengaturan broken link di blogspot ini bisa membuat broken link di google webmaster segera berkurang, semoga bermanfaat.
Cara Redirect Broken Link Dengan Fitur Blogger Terbaru (SEO On Page) Cara Redirect Broken Link Dengan Fitur Blogger Terbaru (SEO On Page) Reviewed by Hury Canz on 1:44 AM Rating: 5
Powered by Blogger.