Duniaku, Duniamu, Dunia Kita, Dunia Komputer




Sedikit cerita tentang saya dan kehidupan intim saya dengan facebook, terlebih dunia komputer. Grup dan fan page yang dibangun dari kepedulian seorang aktifis Tekhnologi Informasi dan Komputer yang bernama Dunov Saur Raja Sinurat, kalau saya terbiasa memanggilnya Om Dunov, ini mulai dirintis tahun 2009, pertama kali hanya fan page dunia komputer dan hanya terdiri dari beberapa gelintir orang saja, bersama temannya yang juga mafhum komputer, beliau mengajak untuk mengelola dan membesarkan dunia komputer.

Tak terbayang betapa beratnya perjuangannya, dan lihatlah hasilnya sekarang, sudah hampir 20.000 member, baik aktif maupun pasif, tak hanya dari Indonesia, tapi juga negara luar . Luar biasa pengabdiannya.

Bapak dari satu anak perempuan ini rela mengorbankan waktunya demi mencerdaskan masyarakat Indonesia dan Negara Tetangga (Malaysia, Singapura, Filipina, Turkey dll), tidak berlebihan & hiperbola kiranya jika saya mengutip pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 yang berbunyi:
"Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan diatas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.
Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentosa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan negara Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.
Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan
inikemerdekaannya.
Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintah negara Indonesia yang melindungi
segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada : Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, dan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia."
Perhatikan kalimat yang saya garis bawahi, misi beliau sama dengan misi negara, yaitu ingin mencerdaskan masyarakat dan membebaskan masyarakat dari gagap tekhnologi, agar tidak ketinggalan dengan negara luar.

Tegas saya katakan ini lebih baik ketimbang menteri kita, pegawai negeri kita dan presiden kita yang hanya bisa berulah dan payah (maaf, tapi demikianlah kondisinya), beliau rela mentranformasikan ilmunya secara gratis dan mau membimbing member sampai benar-benar paham dan mampu menyelesaikan masalah. Apakah kurang bukti? coba cek semua postingan member, pasti terjawab dengan lugas dan runut dengan bahasa yang mudah dipahami. Fan page dunia komputer seolah menjadi kawah candra dimuka perubahan ilmu dari stagnasi (statis) ke dinamis dan progresif.

Tak hanya fan page dunia komputer saja, beliau juga mengembangkan grup facebook dunia komputer yang sekarang telah menembus angka 3000 lebih member aktif, mulai dari pagi sampai ke pagi lagi selalu ramai oleh komentar member, baik (maaf) jungker, spammer dan yang master sekalipun. Dengan dukungan beberapa admin, diantaranya: Om Dunov. S.R.S, Maulana. M.A.S, Moraq Dharma. S. C. Hau, Yogi. S, Panji. J, Ari El Uno dan yang lain yang tak mungkin saya sebutkan satu per satu. Begitu guyub dan harmonis, sampai terjadi hubungan kekeluargaan, bahkan ada yang sempat pacaran dengan member cantik, entah siapa namanya, saya sendiri lupa. Saling cela dan sindir sudah menjadi hal yang lumrah.

Grup ini mencover berbagai macam keilmuan, mulai dari: maintenance system, trouble shooting, web design, programming, sampai yang paling konyol adalah gombal, malah ada juga yang dapat sebutan si Raja Gombal. Benar-benar komprehensif grup ini. Pantas kiranya jika founding father dari dunia komputer medapatkan penghargaan berupa lifetime achievement dan nobel sosialis, entah tercapai apa tidak?
Berikut ini kutipan peraturan di grup DK (akronim sekaligus panggilan akrab);
"Grup ini Di bentuk agar dapat menambah wawasan tentang komputer, baik hardware, software dan permasalahan komputer yang sering dihadapi. Tetapi bukan khusus untuk melayani permintaan Link software dan serial number atau Aktivasi software.
Dan jika anda ingin bertanya tentang GAME, sebaiknya anda tanyakan di grup berikut
DUNIA GAME DAN HIBURAN =>http://www.facebook.com/groups/duni...
Untuk Masalah software anda boleh bertanya software yang bagus digunakan, bila kebetulan Admin atau Anggota yang memilikinya dapat diberitahukan tetapi bila tidak ada sebaiknya anda berusaha mencari di web browsing atau di blog-blog anggota yang tertera dibawah ini
1. Dilarang share/bertanya tentang black hacking
2. Dilarang share/bertanya tentang script perusak PC
3. Jangan SARA
4. Jangan share/bertanya tentang PORNOGRAFI !!!
5. Bertanya dengan baik serta menggunakan bahasa yang baik, benar, dan sopan (bahasa Indonesia), jangan menggunakan bahasa alay dan semacamnya
6. Berikan pertanyaan dengan Logika (seputar Komputer)
7. Dilarang menjual Software, crack, lisensi yang didapat dari hasil download
8. Dilarang Flooding, Spamming, Flaming dsb
9. Tidak diijinkan memberikan komentar dengan bahasa kasar atau makian
10. Pengiriman Tautan atau Artikel seharusnya berkisar tentang Komputer, kecuali khusus untuk hiburan (Cerita Lucu)
11. Dilarang membahas atau mengirimkan posting seputar agama !
12. Jangan bertanya link download untuk file apapun, kecuali untuk driver-driver dan software-software yang memang vital bagi PC
13. Jika anda meminta rekomendasi software apa yang bagus untuk PC anda, kami hanya akan memberikan nama software dan versinya, bukan link downloadnya, silahkan cari sendiri di google dsb. Kami bukan pelit, tapi ingin menjadikan kalian orang yang mandiri
dan tidak tergantung kepada orang lain
14. Dilarang share/bertanya hal-hal yang berbau game disini, karena sudah disediakan tempatnya
Jangan heran bila post ataupun keanggotaan anda dihapus dari grup ini jika anda melanggar rules diatas"
Sangat mengedepankan kenyamanan member bukan? ya saya sendiri sampai lupa kalo sudah berganti hari dan saya masih asyik menjamah laptop butut saya untuk menemani kawan-kawan di grup dunia komputer.
Team Dunia juga berhasil mengembangkan sayap (ekspansi jaringan) dengan mendirikan beberapa grup urgen, diantaranya:
Grup dunia masak-memaasak : https://www.facebook.com/groups/duniamasakmemasak/
Grup dunia game dan hiburan : https://www.facebook.com/groups/duniagamedanhiburan/
Grup dunia selular dan gadget : https://www.facebook.com/groups/duniaselulardangadget/
Grup dunia listrik dan elektronika : https://www.facebook.com/groups/dunialistrikdanelektronika/
Grup Programming World : https://www.facebook.com/groups/progworld/
Grup Dunia Otomotif : https://www.facebook.com/groups/DO.oto/
Grup Dunia Para Blogger : https://www.facebook.com/groups/parabloger/
dan yang terakhir adalah grup design : https://www.facebook.com/groups/326249510722141/

Do'a saya sebagai seorang newbie dan member, semoga tetap dalam komitmen, yaitu: mencerdaskan masyarakat dan berperan aktif dalam memberantas kebodohan berupa follow up (gathering) dan semakin eksis. amin

Sekian dari saya, mohon maaf apabila ada salah kata.
Duniaku, Duniamu, Dunia Kita, Dunia Komputer Duniaku, Duniamu, Dunia Kita, Dunia Komputer Reviewed by Hury Canz on 7:55 PM Rating: 5
Powered by Blogger.