Cara Menghindari Duplikat Title dan Konten

Mungkin masih banyak sobat blogger yang notabenya newbie seperti saya ini bertanya-tanya tentang apa itu duplikat konten, title, dan deskripsi. Untuk duplikat deskripsi saya sudah menjelaskan di postingan sebelumnya yang mana itu disebabkan oleh pengaturan meta tag yang kurang pas.


menghindari duplikat title dan konten

Menghindari duplikat kunci title dan konten sangatlah penting bagi sebuah web atau blog terutama untuk SEO On Page karena bagaimanapun robot tetaplah robot yang sudah diberi algoritma tertentu dan bisa men-judge blog kita semau dia. Kan bahaya juga kalau blog kita dianggap blog spam.
















Duplikat Title (Duplicate Title)


Secara harfiah artinya adalah beberapa halaman yang mempunyai judul yang sama. Logikanya, apakah mungkin sobat menulis artikel dan membuat halaman yang sama? Jelas tidak mungkin. Duplikat title ini terjadi karena adanya perbedaan URL pada blog kita tapi esensinya sama, misalnya


http://blogedek.blogspot.com/2012/03/mengatasi-mencegah-broken-link.html

dan


http://blogedek.blogspot.com/2012/03/mengatasi-mencegah-broken-link.html?showComment=1333215148032

dari kedua url di atas sebenarnya sama atau sejenis.














Cara Mencegah atau Menghindari Duplikat Title (Duplicate Title)


Jika sobat kurang teliti, hal ini bisa menyebabkan blog sobat di deindex oleh google karena bisa-bisa dianggap blog spam. Untuk menghindari duplikat title ini sobat bisa menggunakan meta tag rel=canonical. cari kode <head> pada template blogger yang sobat gunakan dan letakkan kode berikut ini dibawahnya :


<link expr:href='data:blog.url' rel='canonical'/>

meta tag ini memperingatkan crawler untuk tidak menganggap duplikat title jika ada link yang sejenis.















Duplikat Konten (Duplicate Content)


Jika penjelasan di atas adalah tentang adanya title yang "sama", maka untuk duplikat konten url yang dianggap memiliki duplicate content adalah url yang benar-benar berbeda. Hal ini bisa terjadi karena pada platform blogspot menyediakan fitur arsip yang mana tujuannya adalah untuk mempermudah pengunjung atau pemilik blog melihat daftar tulisannya. Contohnya seperti ini http://blogedek.blogspot.com/2009_05_01_archive.html nah alamat arsip ini jika pada bulan dan tanggal tersebut hanya memiliki satu postingan maka isi atau kontennya akan sama dengan link aslinya, hal inilah yang disebut duplikat konten atau duplicate content.















Cara Mencegah atau Menghindari Duplikat Konten (Duplicate Content)


Ada beberapa opsi untuk menghindari terjadinya duplikat konten ini, yang pertama sobat bisa matikan fitur arsip pada blog sobat. Caranya masuk ke Settings > Archive > pilih No Archive. Dengan begini maka blog kita akan aman dari yang namanya duplikat konten karena arsip.



Cara yang kedua, bagi sobat yang masi ingin menggunakan fitur arsip, misalnya untuk daftar isi gitu, sobat bisa menggunakan pengecekan kondisi pada meta tag yang diletakkan di template sobat, cari kode <head> dan ketikkan kode berikut:


<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;archive&quot;'>

<meta content='noindex,noarchive' name='robots'/>

</b:if>

Selain 2 cara diatas yang bisa digunakan untuk mencegah atau menghindari duplikat title dan duplikat konten, sobat juga bisa memberikan pengecekan kondisi antara mobile view atau dekstop view karena pengalaman saya, duplikat title juga bisa terjadi karena setting dinamis keyword dan deskripsi yang kurang pas.



Untuk melakukan cek kondisi mobile view atau dekstop view, gunakan kode data:blog.isMobile sebagai patokan, contohnya sebagai berikut:


<b:if cond='data:blog.isMobile'>
     keyword dan deskripsi untuk mobile view
<b:else/>
     keyword dan deskripsi dekstop view
</b:if>



Begitulah setau saya tentang duplikat title dan duplikat konten, mungkin ada yang lebih paham dari saya silahkan ditambahakan melalui kotak komentar :) Semoga bermanfaat
Cara Menghindari Duplikat Title dan Konten Cara Menghindari Duplikat Title dan Konten Reviewed by Hury Canz on 1:58 AM Rating: 5
Powered by Blogger.